Berikut adalah istilah-istilah atau glossary dari Transmisi Manual
Constant Mesh
adalah Roda gigi transmisi yang tidak dapat digeser posisinya.Driving Gear
adalah roda gigi penggerak yang terhubung langsung dengan mesin.Driven Gear adalah roda gigi yang digerakan.
Kopling
yaitu suatu perangkat/ sistem yang merupakan bagian dari sistem pemindah tenaga yang berfungsi untuk memutus dan menghubungkan putaran dan daya dari mesin ke unit pemindah tenaga selanjutnya dengan lembut dan cepat.Kopling Gesek
yaitu suatu kopling yang menggunakan gaya gesek mekanis untuk mencapai fungsi kerjanya.Kopling Hidrolik yaitu suatu kopling yang menggunakan gaya hidrolis untuk mencapai fungsi kerjanya
.
Kopling Satu Arah (One Way Clutch)
yaitu suatu unit kopling yang hanya meneruskan putaran dan daya pada satu arah saja, sedangkan pada arah yang berlawanan tidak meneruskan putaran dan daya.Mekanisme Hidrolik
yaitu suatu sistem pengoperasian dengan menggunakan tenaga hidrolis dengan suatu master silinder dan release silinder/ actuating silinder.Mekanisme Mekanik
yaitu suatu sistem pengoperasian dengan menggunakan tenaga mekanik dengan batang (linkage) maupun dengan kabel (cable).Roda Gila (Fly Wheel)
yaitu salah satu komponen motor yang berfungsi sebagai penyeimbang putaran motor (balancer) sekaligus penyimpan tenaga putar yang dihasilkan oleh putaran poros engkol, sehingga poros engkol dapat berputar terus guna manghasilkan langkah usaha kembali (kesinambungan kerja).RR (Rear Engine Rear Drive)
yaitu suatu jenis kendaraan dengan mesin di bagian belakang kendaraan dan sebagai roda penggeraknya adalah roda belakang.Sliding Mesh
adalah roda gigi transmisi yang dapat digeser posisinya.Synchromesh adalah perlengkapan transmisi yang berfungsi untuk menyamakan putaran antar gigi yang akan di-sambung.