Sunday, March 6, 2016

Service Shockbreaker Depan Motor "Karena Bocor"

Service Shockbreaker Depan Motor "Karena Bocor" -  Shockbreaker depan pada speda motor ialah berfungsi sebagai perdam getaran dan juga sebagai penerus tumpuan As-roda depan ke stang kemudi (Stang Stir), secara keselurahan Shockbreaker sangat berperan penting dalam kenyamanan pada saat kita berkemudi, misalakan saaat kita berkemudi dijalan yang berluabang, jalan terjal, ataupun jalan yang bergelombang, dengan adanya redaman Shockbreaker yang lembut inilah, kita dapat merasakan kenyamanan saat berkendara dengan catatan Shockbreaker motor kita dalam keadaan normal dan sesuai standart suspensi motor yang kita miliki.

Akan tetapi sebaliknya apabila keadaan Shockbreaker pada sepeda motor yang kita miliki mengalami gejala kerusakan atau tidak normal dari sisi mekanismenya ataupun sisi part dari Shockbreaker tersebut, tentunya kita akan mengalami ketidak nyamanan saat berkendara. Ciri-ciri shockbreaker sepeda motor depan mengalami kerusakan atau tidak normal saat berkerja adalah shockbreaker berubah menjadi keras (bantat) dan mengalami kebocoran.

Langkah untuk memperbaiki (service) Shockbreaker depan sepeda motor khususnya sebenarnya tidaklah rumit, namun perlatan yang kita butuhkan mestilah lengkap seperti kunci-kunci dan lain sebagainya, dan dalam tahap pengecekanya juga haruslah teapat sehingga pada saat pergantian part yang kita butuhkan sesuai dengan apa yang harus kita ganti, biasanya ada beberapa gejala yang di sebabkan oleh Shockbreaker depan motor ini ub normal (tidak normal) dalam berkerja, contoh yaitu :

1. Bocor yang disebabkan oleh Seal Shock dan As-Shock :


Biasanya oli yang keluar dari Shockbreaker depan motor kita yang tidak pernah kita sadri ito sebenarnya adalah oli Shockbreaker depan motor kita, yang tak diragukan lagi ialah pasti ada dua kemungkinan dari sisi Seal Shock dan As-Shock ito Sendiri.
jika Sealnya saja yang aus biasa kita hanya dengan menganti Sealnya saja, akan tetapi bila itu As-Shocknya yang aus atau baret ya kita mesti ganti As-Shock sekaligus Sealnya, otomatis Sealnya pun aus pabila As-Shock aus/baret. 

Shockbreaker
Shockbreaker : Bocor karna Seal Shock

Shockbreaker
Shockbreaker : Bocor karna As-Shock


2. Shockbreaker Keras (bantat) dalam bekerja :


Shockbreaker keras atau bantat biasanya di sebabkan karna As-Shock bengkok,tidak lurus atau mengalami kekeringan oli Shock.




As-Shockbreaker
As-Shockbreaker


3. Oli kering karna mengalami kebocoran sehingga pelumasan berkurang :


Shockbreaker menjadi bantat ini juga sering terjadi, biasanya oli Shock kering sehingga pelumasan pada sistem kerja jadi melamban karna oli kering dan bantat.

Dari ke 3 (Lima) Kreateria diatas itulah yang biasanya dialami dalam gejala kinerja Shockbreaker yang muali tidak normal, dan ini bisa menjadi refrensi kita saat akan menyervice Shockbreaker depan motor, diamana diatas sudah kita ulas bahwa Shockbreaker tidak dapat hanya dengan disservice saja tetapi perlu pergantian part apabila mengalami keausan pada Seal-Shock,As-Shock, dan juga mengalami kering oli / keketalan oli berkurang ini mesti kita ganti oli dan di sesuaikan dengan standart oli yang dipergunakan untuk Shockbreaker depan motor.
Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua ya Gan, trima kasih.
Disqus Comments