Bagaimana cara membuka baut plus yang slek/dol pada motor? Sebagian besar komponen-komponen pada sepeda motor diikat menggunakan baut. Ada baut yang berjenis phillip (plus), ada pula yang berasal dari jenis slotted (minus). Ukuran baut tersebut pun sangat beraneka ragam.
Secara prinsip, membuka baut menggunakan obeng itu sangatlah mudah. Kita tinggal memutar obeng dengan gerakan yang berlawanan dari arah jarum jam. Masalah yang besar muncul manakala kepala baut yang akan dibuka tersebut telah slek, dol, atau gundul. Bagaimana pun obeng tidak akan bisa mencengkeram baut tadi.
Lantas, bagaimana sih cara mengatasinya? Kami punya lima solusi jitu untuk Anda!
- Menyambung Obeng dan Baut dengan Solder
Metode pertama ini yang paling mudah menurut kami. Cuma Anda harus mengorbankan obeng yang dipakai. Caranya adalah tempelkan obeng ke kepala baut. Lalu solder permukaan sekelilingnya agar obeng tersebut menyatu dengan baut. Tunggu selama beberapa saat supaya timahnya mengeras serta obeng dan baut benar-benar telah menyatu. Barulah kemudian Anda bisa memutar obeng tadi ke kiri untuk melepaskan baut.
- Menggunakan Lem Besi
Pada prinsipnya, metode kedua ini masih sama dengan teknik di atas. Perbedaannya terletak pada penggunaan lem besi sebagai bahan penyambung obeng dan baut. Jadi risiko yang ditimbulkan lebih besar. Misalnya lem besi yang meluber ke pinggiran baut justru akan membuat ikatan baut semakin kuat dan susah dilepaskan. So, Anda harus berhati-hati sekali dalam menerapkan kiat ini. Usahakan pakai sedikit saja lem untuk dioleskan ke bagian celah plus/minus pada baut.
- Mengganjal Menggunakan Karet
Karet juga bisa dipakai untuk mengganjal kepala baut yang telah soak lho. Pilih karet gelang yang tipis dan cukup lebar. Letakkan salah satu permukaan karet tersebut menutupi kepala baut. Setelah itu, tancapkan obeng pada kedudukannya di kepala dengan melewati karet tadi. Kini Anda bisa memutar obeng dengan sedikit hentakan untuk memaksa baut agar berputar.
- Membuat Dudukan yang Baru
Baut plus yang dol bisa diatasi dengan membuat dudukan yang baru. Di sini Anda bisa menggunakan palu dan tatah untuk membentuk dudukan tersebut. Anda cukup memosisikan tatah pada kepala sekrup dan memukulnya berkali-kali menggunakan palu. Setelah garis cekungan yang pertama sudah berhasil terbentuk, selanjutnya Anda bisa membuat garis cekungan kedua dengan arah yang berlawanan dari cekungan pertama. Usahakan posisi kedua cekungan tersebut membentuk tanda plus yang presisi. Setelah tanda plus jadi, Anda bisa membuka baut tersebut memakai obeng seperti biasanya.
- Lubangi Memakai Bor Tangan
Metode yang terakhir ini memiliki tingkat risiko yang sangat besar. Jadi seluruh prosesnya harus dilakukan oleh seseorang yang ahli. Kalau bisa, cobalah keempat cara di atas terlebih dahulu. Jika semuanya gagal, Anda bisa mencoba teknik pengeboran ini dengan berbagai pertimbangan yang matang. Gunakan mesin bor yang telah dipasangi mata bor yang khusus untuk melubangi besi. Kemudian arahkan mata bor tadi tepat ke baut yang slek sehingga akan menghancurkannya. Lakukan dengan hati-hati agar bautnya saja yang rusak, sedangkan dudukannya tetap aman.