Cara Ampuh Mengatasi "All Yamaha Mio" Yang Tersendat & Brebet Sa'at Di Kendarai - Untuk mengatasi penyakit Skutic brojolan Yamaha ini, memang agak sedikit membingungkan dan bisa di bilang gampang-gampang sulit loch Brosis. Di sini Sekilas Otomotif memberikan cara dan tips untuk mengatasinya, selengkapnya ada di sini.
Yamaha. Mio |
Ada Beberapa Trik & Cara Ampuh Mengatasi Motor Matic (Skutic), yang Tersendat Serta Berbet sbb :
Langkah Pertama :
Làngkah pertama kita lihat filter udara dengan membuka boks filter, kita bisa koq buka sendiri dengan obeng plus/kembang, setelah boks filter terbuka kita bisa lihat pemandangan yg mengharukan pada saat melihat filter yang kotor oleh debu juga kotoran yang menempel pada permukaan filter, untuk mio sporty, filter udara tidak bisa di bersihkan dengan kata lain harus ganti baru bro, dengan penggantian berkala 15.000km murah koq cuma sekitar 50ribuan
Fillter Udara Mio |
Langkah kedua :
Langkah kedua kita lihat busi, tanda2 suplay bahan bakar ideal atau tidak, bisa kita baca dengan warna pada kepala busi, dengan penggantian berkala 7.000 - 10.000 km
Warna hitam : ini menunjukan campuran bahan bakar kelewat kaya atau berlebihan, dikàrenakan filter udara kotor, dengan menumpuknya debu dan kotoran menimbulkan efek ngecuk atau dengan kata lain lebih banyak bahan bakar di banding udara.
Warna hitam : ini menunjukan campuran bahan bakar kelewat kaya atau berlebihan, dikàrenakan filter udara kotor, dengan menumpuknya debu dan kotoran menimbulkan efek ngecuk atau dengan kata lain lebih banyak bahan bakar di banding udara.
Busi. Warna Hitam ( Tanda Bahan Bakar Berlebihan) |
Warna putih : ini menunjukkan campuran bahan bakar kelewat miskin, lebih banyak udara di bandingkan bahan bakar, kalau seperti ini mesin bisa overheat bro. Untuk menanggulanginya mesti setting ulang karburator.
Busi. Warna Putih (Tanda campuran bahan bakar kelewat miskin) |
Warna merah bata/kecoklatan : ini menunjukkan campuran ideal bro, campuran bahan bakar dan udara menyatu padu atau selaras serasi masuk ke ruang bakar dan bekerja sama demi keutuhan negeri ini.... Haha lebay.
Busi. Warna Mera Bata ( Tanda Campuran bahan bakar dan udara, Ideal) |
Campuran bahan bakar dan udara yang ideal sangat dibutuhkan mesin guna mengoptimalkan kinerjanya baik pada putaran idle/langsam maupun putaran tinggi, untuk itu setting karburator, celah klep in/out, kompresi perlu di perhatikan.
Langkah ketiga :
Langkah ketiga kita lihat ketinggian pelampung pada karburator, langkah ini dengan membongkar karburator pastiny, karena seiring pemakaian dan umur kendaraan sudah pasti banyak part pendukung terutama kàrburator yang mengalami kehausan pada lidah pelampung dan jarum pelampung, otomatis penyetelan pelampung perlu dilakukan, sekalian kita bersihkan spuyer pilot jet dan main jet, juga kita lihat neddle jet nya ya bro, karena permasalahan mio sporty tahun 2012 ke bawah gejala tersendat karena neddle jet dan jarum skep sudah mengalami kehausan.
Karburator. Mio |
Untuk menjaga motor Skutic khususnya All Yamaha Mio, agar tetap prima dan performa joss, lakukanlah pergantian part secara berkala yang di rekomendasikan oleh pabrik. Terima kasih atas kunjungannya semoga bermanfa'at dan selamat mencoba.