Bingung ingin membuka baut yang slek pada motor tetapi kunjung tak bisa? Hampir semua komponen penyusun sepeda motor diikat menggunakan baut. Ukuran baut yang dipakai pun bermacam-macam. Penggunaan baut bukanlah tanpa sebab karena alat ini terbukti memiliki kekuatan yang tak perlu diragukan lagi untuk menahan posisi suatu benda.
Kadang-kadang kita perlu melepaskan baut yang sudah terpasang dengan baik pada bodi kendaraan bermotor. Misalnya saat ingin mengganti oli mesin, mencopot aki, mengganti roda, dan lain-lain. Namun tidak selamanya proses untuk membuka baut ini selalu berjalan mulus. Ada saja beberapa faktor yang dapat menyebabkan baut tersebut susah dibuka.
Pada kasus baut yang slek biasanya baut tersebut tidak bisa dilepaskan dari dudukannya karena bagian kepala baut sudah gundul. Kondisi ini mengakibatkan kunci T tidak bisa mencengkeram kepala baut dengan kuat sehingga posisinya pun tidak bisa dikendurkan. Ada baiknya Anda tidak perlu terlalu merasa terlalu cemas saat menghadapi masalah ini karena semuanya bisa diatasi dengan baik.
Berikut ini trik yang bisa Anda coba!
Alat dan Bahan :
- Pelumas
- Sikat gigi
- Kunci sok
- Palu
Langkah-langkah :
- Pastikan kondisi mental Anda sudah merasa tenang terlebih dahulu. Jika Anda memaksakan diri membuka baut saat sedang stres, maka baut justru akan semakin rusak.
- Tuangkan pelumas ke dalam wadah. Anda bisa menggunakan pelumas berupa oli mesin, oli rem, minyak goreng, atau minyak kayu putih. Oleskan pelumas ini ke seluruh permukaan baut menggunakan sikat gigi. Usahakan cairan pelumas bisa masuk ke sela-sela baut. Biarkan selama 10-15 menit agar pelumas menyelimuti seluruh permukaan baut secara merata.
- Ambil palu. Ketuklah bagian permukaan dari sekeliling baut tersebut untuk membuat debu dan karat yang terselip di sela-selanya rontok. Lakukan beberapa kali hingga kondisi sekeliling baut sudah cukup bersih.
- Siapkan kunci sok. Pasanglah kepala kunci sok dengan diameter yang sesuai ukuran kepala baut. Posisikan kunci sok ini pada kepala baut, lalu putarlah secara kuat dengan gerakan yang berlawanan arah jarum jam. Sebagai trik tambahan, Anda harus memutar dengan hentakan yang kuat pada saat putaran awal. Setelah dirasakan posisi baut sudah agak berputar, barulah kemudian Anda bisa memutar kunci sok dengan gerakan yang mantap.
Mengingat tingkat kesulitannya cukup tinggi, jika Anda tidak berhasil melakukan langkah-langkah di atas, sebaiknya serahkanlah langsung kepada ahlinya. Setiap daerah selalu mempunyai puluhan bengkel. Anda bisa mencoba beberapa bengkel di kota Anda. Pengalaman kami pribadi pernah mencoba ke sejumlah bengkel namun tidak bisa menanganinya. Pas tanpa sengaja lewat di depan bengkel yang kelihatannya meragukan justru mereka mampu membuka baut penutup oli mesin yang slek dengan waktu kurang dari 1 menit. Sebaiknya hindarilah opsi melepas baut ke tukang las karena risikonya sangat besar.