[Cara Jitu] MemeriksaPengapian Pada Sepeda Motor - Mungkin para bikers pernah mengalami mogok saat berkendara, padahal bensin baru di isi full dan setelah di periksa api dari busi tidak memercikkan apinya, dan parahnya lagi setelah kita mengganti busi dengan yang baru, api dari busi tidak juga memercikkan api.
Komponen Pengapian Sepeda Motor |
"Langkah cepat dan tepat" memeriksa dengan tuntas hilangnya pengapian pada Sepeda Motor, selengkapnya sebagia berikut :
Pertama : kita periksa soket kunci kontak/main switch apakah sambungan soket terpasang dengan benar, setelah itu periksa juga solderan kabel dikunci kontak, untuk motor pemakaian 3tahun keatas rentan solderan kunci kontak berkarat broo.
Kunci Kontak |
Kedua : setelah memeriksa kunci kontak dalam keadaan normal, kita periksa sekering apakah putus, untuk motor dengan sistem injeksi putusnya sekering berpengaruh pada pengapian, umumny motor injeksi ada sekering cadangan didekat aki, segera ganti sekering kalau memang putus.
Fuse (Skring) |
Ketiga : kepala busi, part yang satu ini berpengaruh sekali pada pengapian motor, part inilah yang mentranfer api ke busi kalau sudah rusak api dari koil tidak sampai ke busi, untuk memeriksanya kita buka kepala busi dari koil, lalu kabel dari koil kita dekatkan ke ground/massa dan engkol motor adakah percikan api? Kalau ada, kepala busi yang bermasalah ganti kepala busi dengan yang baru.
Tutup Busi (Gap Busi) |
Keempat : kalau tidak ada percikkan api pada kepala busi, kita lanjutkan periksa koil, lepaskan soket cdi pada koil, warna kabel dari cdi orange, lalu dekatkan/tempelkan kabel cdi pada ground/massa lalu engkol apabila ada percikkan api pada ground/massa kemungkinan besar koil rusak, ganti koil dengan yang baru.
Ignition Coil |
Kelima : rectifier/kiprok untuk motor pengapian dc/arus searah perangkat ini berpengaruh pada pengapian karena motor dengan type pengapian dc menggunakan arus dari aki melalui kiprok/rectifier, untuk memeriksanya butuh multitester/tester untuk mengetahui nilai out putnya.
Kiprok |
Keenam : kalau tidak ada percikkan api dari kabel CDI, kita lanjutkan memeriksa cdi, tapi sebelum kita lanjutkan ada baiknya periksa juga kabel massa/ground pada cdi, pada beberapa kasus kabel massa cdi tidak konek pada massa/ground dikarenakan soket berkarat atau kendur, sesudah kita pastikan kabel massa/ ground tidak bermasalah, lanju tkan memeriksa spul, kabel spul berwarna cokelat sebagian motor ada yang berwarna hitam strip merah, tempelkan/dekatkan pada massa/ground, lalu engkol beberapa saat, apabila ada percikan api bisa dipastikan CDI rusak.
CDI |
Test Pengapian Yang Keluar Dari CDI |
Ketujuh : kalau tidak ada percikkan api saat kabel spul didekatkan/ ditempelkan pada massa/ground, kita periksa kabel massa dari spul apakah tersambung/konek ke ground/body? Langkah ini harus menggunakan multitester/tester digital untuk memeriksanya.
Spul |
Atau dengan cara visual/melihat langsung saat spul di bongkar, terlihat lilitan kabel pada spul hangus/terbakar.
Spul |
Dari situ dapat dilihat kerusakkan pada spul, ada beberapa sebab terjadinya hangus pada lilitan spul salah satunya dikarenakan umur pemakaian. Demikianlah ulasan bagaiman cara memeriksa/mengurut pengapian secara tepat, selamat mencoba, semoga bermanfaat, dan terima kasih atas kunjungan.