Monday, August 21, 2017

Setelah 25 Tahun Type R Pertahankan DNA Balap Honda (1)

Tangerang, Otojatim.com – Dari seluruh line-up mobil Honda yang ditampilkan di ajang GIIAS 2017, salah satu yang paling menonjol adalah kehadiran Honda Civic Type R seri terbaru yang pertama kalinya diluncurkan di Indonesia.


Selama lebih dari dua dekade, logo Type R telah melekat pada model-model Honda dengan performa maksimal yang terinspirasi dari mobil balap.

Honda Type R telah memasuki usianya yang ke-25, ditandai dengan diperkenalkannya Honda Civic Type R di ajang Geneva Motor Show 2017. Seakan menegaskan karakternya sebagai mobil Sport sejati, Honda Civic Type R generasi terbaru langsung membuktikan diri dengan memecahkan rekor Lap Time 7 menit 43,80 detik di sirkuit Nurburgring, Jerman.

Honda NSX type R 2017



Honda NSX Type R

Debut Honda Type R dimulai sejak awal kelahirannya lewat model Honda NSX Type R pada tahun 1992. Dilengkapi dengan mesin 3.0L VTEC V6 yang mampu memproduksi tenaga 280 PS pada 7.300 rpm dan torsi 30,0 kg.m pada 5.400 rpm, Honda NSX Type R didesain untuk menyaingi kecepatan mobil balap Eropa pada masanya. Didukung bobotnya yang ringan, Honda NSX Type R mampu berakselerasi 0-60 mp/h dalam waktu 5,03 detik.
Honda NSX Type R seri kedua kembali diluncurkan secara khusus di Jepang pada tahun 2002. Generasi kedua Honda NSX Type R didukung mesin 3,2L DOHC VTEC 6 silinder bertenagakan 280 PS pada 7.300 rpm dan torsi 304 Nm pada 5.300 rpm. Perubahan terletak pada desain eksterior rear spoiler yang lebih agresif, roof scoop, dan beberapa penyempuraan yang mengurangi bobotnya menjadi 1270 kg. Kehadiran panel dan air fences di bagian depan serta small rear diffuser di bagian belakang menciptakan stabilitas lebih dinamis sehingga Honda NSX Type R tetap kompetitif di jalur balap.


Honda Integra type R



Honda Integra Type R

Sukses dengan peluncuran Honda NSX Type R di Jepang, pada 1995 Honda menyematkan gelar Type R pada model lainnya yakni Honda Integra Type R. Dipersenjatai dengan mesin 1,8L DOHC VTEC 4 silinder, mobil ini mampu menghasilkan tenaga 200 PS pada 8.000 rpm dan torsi 18,5 kg.m pada 7,500 rpm. Berbeda dengan model Integra sebelumnya, Integra dengan logo Type R memiliki tenaga yang jauh lebih besar disebabkan rasio kompresinya yang tinggi sebesar 10,6:1
Pada tahun 1998, Honda kembali meluncurkan versi kedua Integra Type R yang telah disempurnakan dan diproduksi untuk pasar Eropa dan Amerika. Dengan mesin yang sama, mobil ini mampu memproduksi tenaga 190 PS pada 8.000 rpm dan 178 Nm pada 7.300 rpm.


Disqus Comments