Para pemilik mobil kerap mengalami masalah pada bagian lingkar kemudi atau setir kendaraannya. Kendala ini berupa perasaan kurang nyaman ketika mengatur arah pergerakan mobil di jalan raya. Pada saat bermasalah, setir akan terasa begitu liar. Setir tersebut cenderung akan berputar ke kanan atau ke kiri dengan sendirinya. Bahkan sering pula komponen yang berfungsi untuk mengatur arah mobil tersebut terasa bergetar.
Tentu saja masalah ini harus segera ditangani secara tepat secepat-cepatnya. Hal ini dikarenakan kondisi setir berpengaruh besar terhadap keamanan dan keselamatan seluruh pengguna mobil. Mobil yang dibiarkan bergerak liar dan sulit dikendalikan mempunyai risiko besar mengalami kecelakaan. Jangan sampai karena ingin menghemat sejumput uang, Anda mengalami kerugian yang begitu besar.
Berikut ini penyebab-penyebab yang dapat mengakibatkan setir mobil yang tadinya normal berubah menjadi liar sehingga sulit untuk dikendalikan :
- Adanya Masalah Pada Bagian Ban
Ban mobil yang bermasalah akan membuat gerakan mobil menjadi di luar kendali kita. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan spooring dan balancing pada mobil tersebut. Apabila setir berputar dengan sendirinya ke kiri atau kanan ketika tangan Anda dilepas, maka perlu dilakukan upaya spooring. Sedangkan jika setir terasa bergetar cukup kuat, Anda perlu melakukan balancing.
Spooring sangat efektif untuk mengatasi masalah pada bagian roda mobil. Berbeda dengan balancing yang cocok diterapkan untuk menangani bagian kaki-kaki mobil yang bermasalah. Selain dua cara ini, Anda juga bisa mencoba mengatasi masalah pada ban dengan menukar ban depan sebelah kiri dengan ban belakang sebelah kanan. Begitu pula dengan ban depan sebelah kanan perlu ditukar dengan ban belakang sebelah kiri.
- Bagian Understeel Ada yang Aus
Bagian understeel mobil mencakup kaki-kaki, termasuk bagian tierod dan long tierod. Jika bermasalah, posisi komponen ini akan berubah menjadi tidak presisi alias sama rata antara sebelah kanan dan kiri. Kadang-kadang bisa miring ke arah kanan atau ke arah kiri, tidak menentu. Akibatnya Anda pun harus selalu memegang setir. Saat sedang bermanuver pun, laju mobil seperti sulit dikendalikan dan tidak jelas arahnya.
Kenapa understeel ini bisa mengalami kerusakan seperti itu? Tidak lain adalah gaya berkendara Anda yang sangat buruk. Semakin sering Anda memacu mobil di jalan yang bergelombang, maka potensi rusaknya komponen ini rusak pun semakin besar. Solusinya Anda harus mengganti dengan yang baru lalu melakukan spooring dengan bantuan ahlinya.
- Sudut Roda Terlalu Keluar
Toe-out adalah istilah yang menggambarkan kondisi sudut roda mobil terlalu out. Semakin melebar sudut toe-out yang terjadi pada mobil tersebut, maka semakin liar pula keadaan setir mobil tersebut. Hal ini mengakibatkan setir mobil menjadi miring serta tidak beraturan arah gerakannya. Anda bisa mendeteksi kerusakan ini dengan merasakan kondisi setir mobil menjadi aneh dan liar saat dikemudikan. Sedangkan bila diposisikan supaya lurus, setir tersebut tetap tidak mau lurus melainkan agak ke kiri atau kanan.
Adapun penyebab utama dari masalah ini yaitu sudut geometri roda mengalami perubahan akibat penggantian komponen understeel yang tidak benar. Bisa pula disebabkan oleh mur yang berfungsi untuk mengunci posisi toe-out. Spooring merupakan jalan keluar yang paling efektif untuk mengatasi masalah ini.